• Penjelasan Indikator
  1. Manajemen Perubahan dilakukan melalui serangkaian proses perencanaan, analisis, pengembangan, implementasi, pemantauan dan evaluasi terhadap perubahan SPBE.
  2. Manajemen Perubahan bertujuan untuk menjamin keberlangsungan dan meningkatkan kualitas Layanan SPBE melalui pengendalian perubahan yang terjadi dalam SPBE.
  3. Lingkup Manajemen Perubahan SPBE:
    1. Perubahan Aplikasi;
    2. Perubahan Perangkat Keras;
    3. Perubahan Perangkat Lunak;
    4. Perubahan Infrastruktur;
    5. Perubahan Proses Bisnis;
    6. Perubahan Lingkungan Organisasi;
    7. Perubahan Layanan;
    8. Perubahan Data;
    9. Perubahan Keamanan;
    10. Perubahan Arsitektur.
  • Penjelasan Penilaian

Penilaian dilakukan terhadap bukti dukung penerapan Manajemen Perubahan SPBE Instansi Pusat/Pemerintah Daerah yang memenuhi kriteria ruang lingkup, serta terdokumentasi secara formal.

  • Penjelasan Bukti Dukung

Bukti dukung tingkat kematangan dilampirkan berupa dokumentasi penerapan sesuai huruf a, yaitu Dokumen perencanaan pelaksanaan Manajemen Perubahan SPBE, Dokumen pedoman pelaksanaan Manajemen Perubahan SPBE, Bukti pelaksanaan Manajemen Perubahan SPBE, dan Bukti Evaluasi Pelaksanaan Manajemen Perubahan SPBE.